Linux ga susah kok :)

adakah yang tau apa itu linux?

saya pernah merekomendasikan beberapa distro linux( terutama vector linux) kepada beberapa orang teman saya. tapi beberapa dari mereka langsung menjawab “gak ah, linux kan susah.”

trus saya bertanya “siapa bilang linux susah, emang kamu pernah pake linux yang mana??”

kemudian dia mengutarakan jawaban yang membuat saya ter-aneh2 “belum pernah” jawabnya. aneh, bagaimana dia bisa bilang linux susah klo dia belum pernah coba memakainya. karena agak penasaran saya tanya lagi ” klo  belum pernah pake koq bisa bilang linux susah?? ”

dengan muka agak mikir dia bilang ” kata temen saya linux itu susah..” . karena masih penasaran dengan distro yang susah itu saya tanya lagi “emang temenmu pake linux yang namanya apa?? ”

lucunya dia menjawab  “dia juga diberi tahu temennya klo linux itu susah”. :-O

jadi klo saya ambil kronologis dipikiran saya mungkin seperti berikut.

pertama ada seseorang ( kita sebut aja si A) mencoba menggunakan linux (mgkn di instal oleh adiknya/kakaknya/bapaknya/ibunya/kakeknya/neneknya) tapi karena tidak ada keinginan untuk menggunakannya maka dia merasa bahwa linux itu lebih rumit dari pada window. trus waktu bertemu temannya( si B) dia cerita pengalamannya menggunakan linux pertama kali dan mengatakan linux lebih sulit. kemudian temannya menceritakan lagi dan lagi dan lagi . so dari perkiraan saya diatas dapat dibuat urutan siperti berikut :

si A(bilang klo linux sulit)–>si B(bilang ke si C, kata si A linux sulit)–>si C (bilang seperti yang dikatakan si B)–>si D (idem)–>si E(idem)–>si F (idem)–>si G (idem)–>dst sampe si Z

sebenarnya klo kita mau coba untuk mempelajari, linux juga mudah koq. hanya saja selama ini kita sudah telalu banyak berinteraksi dengan windows, sehingga kaget dengan linux yang cara aplikasinya sedikit berbeda. lalu banyak pertanyaan kenapa kita memakai linux klo kita sudah terbiasa dengan window??.

tahukah anda, selama menggunakan window maka kita menyewa lisensi windows kepada microsoft. dan untuk biaya lisensi 1 komputer, kita memerlukan dana lebih dari 1 juta. dan jika saat ini anda memakai window bajakan dirumah, anda akan kesulitan untuk membuka usaha di bidang teknologi, karena pihak mikrosoft akan melakukan penyelidikan terhadap perusahaan yang menggunakan komputer. sehingga anda akan membutuhkan lisensi window dengan harga yang selangit..dengan menggunakan linux anda bisa tenang karena linux adalah sistem operasi yang bebas untuk dicopy. dan anda tidak perlu membeli lisensi memilikinya. 1 hal yang lebih penting, dengan memakai linux secara tidak langsung anda membantu mengharumkan nama bangsa. karena dari brita yang saya dengar baca. indonesia adalah peringkat ke tiga didunia dalam  hal pembajakan software :-O

keasikan nulis.. ga sadar sekarang dah jam 3 subuh.. saya cukupkan aj ah.. capek. mo bobo dlu.

pokoknya, jangan pernah takut untukmencoba memakai linux karena linux tidak sesulit yang anda pikirkan ;-)